Senin, 25 Juli 2011

Kuas lukis

Kuas Lukis,
Kuas untuk melukis beragam macamnya bisa dikelompokan beberapa kelompok menurut bentuk bulu kuas, diantaranya adalah bulat lancip, bulat tumpul, persegi rata, persegi lancip, besar dan ukurannya tiap merek tidak sama, nomor bisa sama tetapi ukuran besarnya bisa berbeda. Kegunaan masing-masing kuas tidak sama, misalnya yang bulat lancip untuk mengerjakannya yang rumit, sedang yang persegi rata untuk menangani bidang lebih lebar, cocok untuk mengeblok bidang lukisan.

Berdasarkan danganan (stik) kuas dapat dijadikan dua kelompok sedang dan panjang, masing-masing kelompok digunakan pada tingkat kesulitan masing-masing dan bisa berbeda cara dan jarak memegangnya pada batang kuas, untuk mengeblok kanvas cara memegangnya bisa berbeda pada saat pendetilan lukisan, juga berbeda cara dan jarak memegangnya pada saat detil terakhir atau finising lukisan. Dari perbedaan panjang kuas ini pada saat menggunakan berbeda-beda cara memegang kuas walau masih menggunakan kuas yang sama, apakah digunakan lurus atau berkelok-kelok.

Memilih kuas berdasarkan keperluan.
Untuk keperluan melukis bisa dibedakan pada bahan untuk melukis, kuas yang digunakan untuk kertas berbeda dengan yang untuk melukis diatas kain kanvas.

Untuk melukis diatas kertas, sebaiknya memilih kuas yang berbulu halus dan terasa lembut juka dipegang dengan jari, kuas ini cocok digunakan untuk bahan cat pengencer air. Cat jenis pengencer air ini seperti, water color, Aquarel, gouache, cat poster color dan acrylic. Kuas dan bahan ini cocok untuk anak-anak sekolah. Kalau menggunakan kuas kasar bisa menyebabkan buramnya warna dan bisa juga kertas lobang.

Untuk melukis diatas kain kanvas yang digunakan terbanyak adalah kuas bulu kasar, dipergunakan juga kuas yang berbulu halus untuk memberi efek-efek tertentu pada lukisan. Untuk melukis cat minyak lebih banyak memerlukan bermacam jenis bulu dan bentuk kuas karena teknik cat minyak lebih rumit dan juga untuk mencapai gradasi dan komposisi warna yang maksimal yang bisa dicapai oleh cat minyak.

Kuas lukis cepat rusak
Jika anda menggunakan kuas lukis dalam tahap awal belajar kuas cepat rusak, hal ini karena anda belum tahu alur goresan kuas berbanding arah serat bulu kuas, juga dari sudut kemiringan cara menggunakan kuas berapa derajat sebaiknya saat menggunakan. Tekanan kuas pada saat menggunakan sangat berpengaruh, jika tidak sesuai akan cepat rusak juga.

Cara memilih kuas yang lurus
Kuas yang benar-benar lurus dan rapi bulu kuasnya merupakan keharusan terutama kuas untuk keperlua pendetilan dan finising karena pada tahap ini diperlukan akurasi tinggi, jika bengkok sedikit saja keakuratan sulit dicapai. Caranya untuk memilih kuas yang lurus adalah, jari tangan yang satu memegang ujung kuas dan jari tangan yang satunya lagi memegang pangkal kuas dan memutar batang kuas pada porosnya. Dengan cara ini dapat diketahui lurus atau bengkok mulai dari ujung kuas (bulu kuas) sampai pangkal kuas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda, Saya akan menerima dengan senang hati kritik dan saran anda. Siapapa-pun boleh ikut menjawab komentar yang mana mungkin Admin blog tidak sempat menjawab atau mungkin Admin tidak dapat menjawab pertanyaan para komentator. Silahkan Anda untuk berpartisipasi ikut menjawab dan memberi keterangan Hal ini sesuai tujuan Kita untuk belajar dan juga berbagi ilmu pada jaringan Internet. Sekian dan terimakasih.