Media Lukisan

Media Untuk Melukis

A. Cat lukis jika dikelompokkan bisa menjadi dua kelompok bagian besar yaitu :

1. Pelarut dengan bahan utama air, yang ada di pasaran diantaranya bertuliskan.
  • ACRYLIC COLOUR, daya menutupnya bervariasi, dayarekat tinggi cocok untuk berbagai macam media, kertas, kanvas, kain, bahkan ada yang memakainya untuk melukis di permukaan batu marmer dan batu granit.
  • POSTER COLOUR, daya menutupnya bersifat baik dan biasanya dipakai untuk membuat poster dari kain dan juga bisa dipakai di kanvas, kertas dll.
  • GOUACHE  COLOUR, daya menutupnya kuat sehingga bila mengganti warna ke warna lain tidak akan kesulitan, bisa satu lapis warna untuk menutup warna lain, dayarekat kurang dan bisanya dipakai dipermukaan kertas dan bisa dikombinasi dengan tinta.
  • WATER COLOUR, sebenarnya cara menggunakan cat air ini sangat encer dan kertas dibasahi dengan air goresan kuas terbatas jika melebihi ketentuan akan berakibat buramnya warna yang menurunkan kualitas gambar, goresan kuas tidak lebih dari 3 kali. Kesalahan besar banyak para Guru di sekolah yang menganjurkan memakai water colour ini untuk melukis di kertas kering.

    Sebenarnya cara yang digunakan untuk menimbulkan gradasi warna digunakan-nya karakter cat ini yaitu transparan. Water colour pengencer air inj sebenarnya berbeda dari ketiga cat pengencer air tersebut diatas, cara menggunakan water colour kertas dalam keadaan basah dan harus bekerja cepat, digunakan cat tipis transparan dan bulu kuas yang digunakan lembut, kalau kasar bisa berakibat buramnya warna karena permukaan kertas terkelupas.
Untuk menambah dayarekat cat pengencer air ini bisa dipakai lem putih atau lem kayu, untuk lebih baiknya menjaga kualitas beli lem khusus untuk cat jenis ini warnanya bening dan banyak merek cat yang menyediakan

2. Oil Colour, jenis cat apengencer atau pelarut terpenthin dan pengikat dengan bahan utama Minyak linen yang ada di pasaran bertuliskan Oil Colour. Cat minyak ini warnanya lebih cerah daripada cat pengencer air, gradasi jangkauan warna lebih lebar dari pada gradasi dari cat pengencer air dan juga ketahanan terhadap waktu lebih awet.

Cara menggunakannya dengan minyak linen atau Linise oil dan pengencer minyak Terpentin. Minyak pengikat dan Pengencer ini bisa dicampur untuk perbandingan yang tepat menurut keinginan Pelukis, lapisan demi lapisan berbeda keencerannya, inilah cara yang lebih rumit dari Cat Acrylic. Jika belum pengalaman menggunakan Cat Minyak bisa menimbulkan keretakan lukisan pada tahun berikutnya jika sudah benar-benar kering, biasa dikenal retak rambut karena sangat halus retakan-nya.

Sedangkan Merek bermacam-macam dan banyak di pasaran, untuk kualitas Cat di pasaran mulai yang Standar sampai yang kualitas jelek ada.

B. Kuas, bentuk kuas bermacam macam yang sering dipakai dan banyak di pasaran adalah :
  1. Kuas persegi atau kotak ada yang ujung rata dan ada yang ujungnya lancip.
  2. Kuas bulat lancip ada yang bulat tumpul.
  3. Kuas berbentuk ujungnya seperti kipas.

Untuk bulunya ada yang jenis bulu halus dan ada yang jenis kasar, ada yang terbuat dari bulu Babi, Bulu Musang, dan sekarang banyak yang terbuat dari bahan sintetis.

Palet untuk meletakkan dan mencampur cat :
  1. Bentuknya empat persegi panjang, ada tempat untuk meletakkan ibu jari tangan untuk dipakai pegangan jika diperlukan.
  2. Bentuknya oval  juga dilengkapi lubang untuk ibu jari untuk pegangan.
Pada jaman dulu Palet ini terbuat dari kayu, dan sekarang di pasaran banyak yang terbuat dari Plastik, bentuknya sekarang masih tetap akan tetapi sekarang di tepi  Palet dilengkapi cekungan-cekungan kecil untuk tempat pengenceran cat, ditengah-nya datar dan luas.

C. Pisau Palet.
Gunanya untuk mengambil cat dari kemasan cat (dari tube) selanjutnya diletakkan di atas Palet, ada yang untuk melukis di atas kain Kanvas mengunakan Pisau palet, ukuran dan bentuknya bermacam-macam dari yang kecil sampai besar.

D. Kanvas.
Kanvas terbuat dari Kain dari yang tipis sampai yang tebal, termasuk kain Terpal-pun ada yang menggunakan sebagai Kanvas untuk melukis.

E. Cara membuat Kanvas.
Kain dibentang kencang di Span kayu, biasanya berukuran lebar untuk kemudian dipotong jika diperlukan sesuai  dengan ukuran yang di inginkan, Panjangnya biasanya 2 meter, 3 meter , 4 meter untuk Lebarnya menurut kain yang ada di pasaran, misalnya 1,5 meter, 1.9 meter

Setelah kain dibentang, kain dibasahi dengan air untuk mengurangi lapisan Kanji yang ada di kain, yaitu sambil digosok-gosok permukaan kain yang akan dilapisi dengan jenis Cat Tembok dicampur dengan Lem Putih atau ada yang menyebut lem kayu atau lem plamir tembok, dengan perbandingan 2 bagian Cat Tembok dicampur dengan 1 bagian Lem Putih ( lem kayu ) atau bisa juga 3 bagian Cat Tembok dengan 2 bagian Lem Putih ( lem kayu ). Keadaan kain setelah di basahi dengan air menjadi lebih kencang. Setelah itu cat dipulaskan dengan kuas sampai rata di permukaan kain, bisa dipulaskan pada kedua permukaan kain atau cukup satu permukaan kain saja.

Setelah kering, jika masih tipis cat-nya dapat diulang lagi, bila sudah cukup lapisan cat-nya dan kering permukaan-nya kanvas diraba dengan tangan jika permukaan  Kanvas kasar bisa di perhalus dengan Kertas gosok. Selesai pembuatan Kain Kanvas, kemudian digulung dan dipergunakan jika diperlukan dan dipotong sesuai dengan ukuran yang di inginkan dan selanjutnya dibentang di Spanram, ditarik dan di Steples tembak dipinggiran kayu samping atau disteples dibagian kayu belakang.

Kanvas untuk Cat minyak (oil colours ) permukaan Kanvas lapisan yang terakhir bisa dilapisi dengan Minyak Cat encer, atau dengan cat minyak warna putih encer  untuk mengurangi daya resap kain Kanvas dan menambah kelenturan kanvas juga bisa menambah supaya cat minyak mudah melekat diatas kanvas.

E. Media lain selain cat lukis :
  1. Oil Pastel, serbuk warna dengan pengikat minyak dan dipadatkan.
  2. Carcoal, serbuk warna tanpa pengiakat hanya dipadatkan
  3. Wax crayon, derbuk warna dengan pengikat lilin dan dipadatkan.
  4. Pencil warna, cara menggunakan ada yang bisa di kombinasi dengan air pada saat finising gambar.
  5. Konte, pensil hitam bahan dari serbuk karbon atau arang ada yang berbentuk serbuk, biasanya dipakai untuk menggambar hitam putih diatas kertas.
F. Melukis dengan alat semprot (air brush).

Dengan melukis memakai alat semprot ini sekarang banyak juga, misalnya melukis pada Helm, tangki sepeda motor, pada bodi mobil misalnya banyak terdapat pada bodi mobil Bus kota maupun Bus antar kota, pada Truk pengangkut dll.

18 komentar:

  1. berapakah kira2 harga untuk satu set alat lukis di pasaran mohon jawabanya segera ...makasih by wi_pm@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Untuk sahabat Rene&#39 terimakasih ya ikut menjawab, nih saya tambahkan juga untuk merek Meries cat Acrylic harganya lebih kurang 30 ribu untuk 12 warna dan untuk 18 warna harganya lebih kurang 47 ribu.

      Untuk kuasnya sesuaikan ukurannya bisa beli kuas kotak merek Eterna misalnya nomor ganjil 1,3,5,7,9 lima kuas sudah cukup untuk belajar tahap awal, harganya murah ribuan rupiah perbatangnya.
      Kuas bulat sesuaikan dari yang kecil sampai yang agak besar, beli yang murah dulu untuk belajar.

      Palet plastik besar untuk mengencerkan cat harganya berkisar 17 ribu, pilih cekungan yang berderet di tepi dan tengah datar, karena tengah datar ini bisa untuk keperluan yang lain.

      Untuk belajar melukis sebaiknya gunakan kertas gambar A3 pilih buku gambar yang tebal, jika sudah bisa dan pengalaman gunakan kanvas, harga kanvas berkisar 21 ribu sampai 25 ribu ukuran 40cm x 50cm kain tipis.

      Hapus
  2. bantu jawab ya...
    tergantung merek,ukuran dan tujuan..
    contohnya untuk cat minyak dari harga belasan ribu sampai ratusan ribu/tube
    kuas dari ribuan sampai puluhan ribu
    kanvas dari belasan ribu sampai ratusan ribu.
    kalo tujuan untuk belajar,hobby bisa beli yang student grade dulu harga sesuai kualitas lah..merek catnya mulai dari maries,talents china sampai daler rowney georgiant

    kalo untuk komersil yang mahal pun dibeli, apalagi kalau sudah sekelas artist...
    yang penting sih niat sama kreatifitas.

    BalasHapus
  3. untuk chat maries apa perlu pengencer juga? kalau langsung digunakan apa tidak bisa ya? mohon pencerahannya.. makasih

    BalasHapus
  4. Untuk semua cat termasuk cat Meries bisa digunakan tanpa pengencer, tergantung teknik yang digunakan kalau lukisan tebal; pakai pisau palet, pakai kuas yang kaku, juga bisa dipelototkan langsung dari tubenya tidak perlu pengencer.

    Untuk pemula..pemakaian tipis pada kertas atau kanvas sebaiknya diberi pengencer, untuk belajar tahap awal lebih baik memakai pengencer air, karena lebih praktis. Cat Meries ada yang Cat Acrylik, baik karena daya rekatnya tinggi dapat dipakai di kertas maupun kanvas, dan bisa juga ditambah daya rekatnya dengan pengencer lem-kental kemasan botol plastik merek Meries.

    BalasHapus
  5. kalau cat minyak merek meries bisa digunakan untuk melukis di media kayu? *untuk topeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok daya rekatnya baik....! Keringnya agak lama....kering sentuh +-24 jam....

      Hapus
    2. Bisa cepat kering pengencernya cat minyak ditambah dengan Vernis kayu yang tranparan....

      Hapus
  6. kalau untuk cat diatas plastik bening yang ga gampang luntur kalau kena air bagaimana? *untuk melukis di atas payung yang bening/transparan. Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Adeline

      Cat untuk plastik....ada cat kusus untuk plastik, bisa bertanya langsung pada penjual bahan dan peralatan Sablon.

      Untuk hal ini Saya kurang mengerti...
      tanyakan juga proses sebelum melukis diatas bahan plastiknya..
      biasanya plastik harusdibersihkan dulu dari lapisan lilin sebelum dicat atau dilulkis dengan jalan membersihkannya dengan lap kain....setelah plastik bersih bebas dari lilin baru boleh di cat atau dulukis.

      Jika plastik tidak dibersihkan atau dilap sampai bersih cat mudah terkelupas dan mudah rontok.

      Hapus
  7. salam kenal gan,,,
    ane mo tny nih,,,
    ane bikin kanvas ukuran 40×50 dengan cara diatas,tp hasilnya kurang rapi antra lain:
    1. kain bisa kendor setelah di cat
    2. cat bisa mengenai spanram shg kayu spanram belepotan
    3. saat ane gunting untuk ngrapiin sisi kain yang sudah distaples pd spanram, kain berkerut dikarenakan saling menarik dg sisi lainnya

    tp ane lhat di toko kanvas kok pd rapi ya gan,,,,,apa ga sebaiknya sluruh kain dibentang pada spanram raksasa kemudian diolesi lapisan,,,trus dipotong sesuai dengan ukuran kanvas yg akan kita bikin…trims…mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending di bentang dengan ukuran maksimal dulu kemudian dipotong sesuai keinginan dengan menarik bagian perbagian yang berlawanan terlebih dulu

      Hapus
  8. Salam kenal Juga

    Untuk YUDHI baca ulang cara membuatnya....anda kurang teliti bacanya....memang sebaiknya kain lebar...atau utuh dari gelondongan..sekitar panjanfg 2 meter atau 3 meter, dibentang dan dilapisi dengan bahan. Umtuk hasil kerapian tergantung jam terbang yaitu pengalaman praktek.

    Moch. Nachli

    BalasHapus
  9. halo mau ty nih,saya biasa menggunakan akrilik dengan dcampur opaquen n binder utk pemakaian diatas kanvas..sekarang sy ingin menggunakan akrilik untuk melukis diatas kayu dan kaleng,campuran apa saja yg bisa dipakai untuk menghemat cat tp warna jg awet..saya tunggu feedbacknya,makaci bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dina....untuk menghemat cat jangan tebal pemakaiannya tentunya...Gradasi warna yang diinginkan tidak terlalu tebal supaya dapat dicapai untuk menghemat cat.
      Untuk campuran keawetan warna saya belum tahu, cat yang berkualitas standarpun jika terkena sinar cahaya matahari secara langsung (sinar menerpa langsung ke permukaan cat) dapat cepat pudar.
      Untuk dipakai diatas kayu sesudah cat kering supaya dilapisi dengan pernis atau lapisan melamin (lapisan pelindung) ...untuk dipakai dipermukaan kaleng yang terbuat dari logam cat ACRYLIC tidak dapat digunakan.

      Hapus
  10. Salam Kenal Mas..!!! mau tanya : cat lukis kain (misalnya untuk lukis kaos, kerudung, sepatu, dan sejenisnya) apakah sama dengan cat sablon...(yg digunakan para penjual jasa sablon) matur nuwun mas..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali tapi kok gak pakai nama ya...hehehe.....cat ACRYLIC dapat juga dipakai untuk melukis dikain seperti yang anda sebutkan, daya rekat cat ACRYLIC cukup kuat....jika kurang lekat ada lem kusus untuk cat ACRYLIC, kalau sulit didapat lem kusus ACRYLIC bisa ditambah dengan lem putih (lem kayu). Setelah dilukis sebaiknya disetrika untuk kain....kalau untuk sepatu tidak perlu disetrika.

      Hapus
  11. ijin, saya berminat sekali belajar melukis saya dulu sempat belajar cara melukis dengan cat minya dan air, yang ingin saya tanyakan, apakah ada referensi merk kuas yang tidak menggunakan bulu babi dan apa ciri2 kuas yang menggunakan bulu bai, trimakasih

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan Anda, Saya akan menerima dengan senang hati kritik dan saran anda. Siapapa-pun boleh ikut menjawab komentar yang mana mungkin Admin blog tidak sempat menjawab atau mungkin Admin tidak dapat menjawab pertanyaan para komentator. Silahkan Anda untuk berpartisipasi ikut menjawab dan memberi keterangan Hal ini sesuai tujuan Kita untuk belajar dan juga berbagi ilmu pada jaringan Internet. Sekian dan terimakasih.