Jumat, 02 November 2012

Memperbesar ukuran Empat persegi panjang

Untuk memperbesar ukuran empat persegi panjang yang kita ketahui atau asliya dan akan diperbesar menjadi ukuran yang kita inginkan supaya ukurannya sesuai untuk mendapatkan akuran ini perlu adanya perhitungan untuk memperbesar ukuran supaya tidak menyimpamg jauh dari akibat diperbesarnya ukuran. Dengan cara ini kita bisa memperbesar dengan ukuran yang akurat Lebar dan Panjangnya ukuran selembar foto yang akan kita lukis misalnya dll, tidak seperti jika kita mengira-ngira ukuran yang akan kita buat akan melenceng jauh.

Caranya yaitu dari ukuran yang ada misalnya selembar foto akan kita perbesar sampai besarnya berapapun yang kita inginkan akan tetap akurat. Kita harus mengetahui dulu ukuran Panjang dan Lebar kertas foto itu, kita ikur dengan penggaris misalnya atau dengan alat ukur yang lain. Misalnya dapat kita ketahui Panjang ukuran foto P = 20  dan Lebar foto L = 14 cm maka untuk memperbesar ukurannya kita harus menentukan dulu lebar yang kita inginkan misalnya Lebar yang kita inginkan L = 30 cm

Dari ukuran-ukuran seperti diartas dapat kita buat untuk ukuran yang  kita perbesar dengan besar yang kita inginkan. Caranya yaitu kita sederhanakan dari rincian seperti di atas. Deketahui Lebar ukuran segi empat asalnya yaitu ; P = 20 cm dan L= 14 cm Sedangkan ukuran kita perbesar dengan ukuran lebar L = 30 cm, dicari Panjang ukuran segi empat yang baru ? P( asli ) x L( baru ) : L( asli ) = P( baru )   dengan persamaan ini hasilnya P( baru ) = 20 x 30 : 14 yaitu hasil Panjang segi empat yang baru P( baru ) = 42,85 cm. Dari persamaan ini Kita mendapatkan pembesaran dari ukuran P = 20 cm dengan L= 14 cm menjadi ukuran yang baru P = 42,85 cm dengan L = 30 cm.

Untuk lebih jelasnya selembar ukuran foto dengan ukuran P = 20 cm dan L = 14 cm dengan keinginan kita untuk memperbesar ukuran yang baru  yaitu jika kita inginkan Lebar ukuran yang baru L = 30 cm, maka ukuran Panjangnya P = 42, 85 cm. Dengan cara rumus yang sederhana ini maka Kita dapat memperbesar ukuran dari aslinya misalnya untuk keperluan belajar melukis, atau misalnya Kita punya foto kenangan yang perlu kita perbesar menjadi lukisan dll. Dengan cara ini kita tidak akan mengira-ngira akan tetapi kita akan memperbesarnya dengan ukuran yang besarnya sesuai dan akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda, Saya akan menerima dengan senang hati kritik dan saran anda. Siapapa-pun boleh ikut menjawab komentar yang mana mungkin Admin blog tidak sempat menjawab atau mungkin Admin tidak dapat menjawab pertanyaan para komentator. Silahkan Anda untuk berpartisipasi ikut menjawab dan memberi keterangan Hal ini sesuai tujuan Kita untuk belajar dan juga berbagi ilmu pada jaringan Internet. Sekian dan terimakasih.