Kamis, 09 Juni 2011

Kelebihan dan kekurangan Cat Minyak.

Cat minyak sebenarnya cat yang sudah dikenal sejak jaman kuno sampai jaman sekarang, cat minyak ini banyak mempunyai kelebihan dibanding dengan jenis pengencer air, kelebihan cat minyak diantaranya adalah :
  1. Pigmen warna cat minyak lebih cemerlang dari pada jenis cat lain.
  2. Gradasi warna yang bisa dicapai oleh cat minyak pada skala Gradasi paling lebar dibanding dengan jenis pengencer air, disini kelebihan cat minyak yang tidak dapat dicapai oleh jenis cat lain.
  3. Ketahanan terhadap waktu lebih awet dari pada jenis pengencer air.
  4. Tekhnik penggunaan Cat minyak bisa dipadukan dengan masing-masing karakter tiap warna cat, hingga bisa memberi kesan-kesan Fantastik.
Kekurangan-nya jenis cat minyak.
  1. Disamping mempunyai kelebihan ada kekurangannya keringnya lama, pada cat minyak ini dikenal dua macam kering yaitu :
  • kering sentuh jika disentuh dengan jari cat sudah tidak menempel pada jari tangan.
  • Kering sempurna jika bagian dalam dan luar cat sudah benar-benar kering, pada penggunaan tipis diperlukan beberapa minggu dan beberapa bulan kemudian untuk kering sempurna. Untuk penggunaan cat tebal untuk mencapai kering sempurna di perlukan beberapa tahun kemudian.
  1. Keretakan cat retak rambut, jika kemampuan tekhnik menggunakan cat minyak belum mahir bisa menimbulkan keretakan-keretakan pada permukaan lukisan. Tekhnik cat minyak lebih rumit dari jenis cat lain.
  1. Bau cat minyak yang tajam.
  2. Pada warna putih akan berubah menjadi kekuningan jika kena udara lembab dan akan kembali menjadi warna putih jika ditempatkan ditempat udaranya kering.
  3. Harga cat minyak jauh lebih mahal dari cat pengencer air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda, Saya akan menerima dengan senang hati kritik dan saran anda. Siapapa-pun boleh ikut menjawab komentar yang mana mungkin Admin blog tidak sempat menjawab atau mungkin Admin tidak dapat menjawab pertanyaan para komentator. Silahkan Anda untuk berpartisipasi ikut menjawab dan memberi keterangan Hal ini sesuai tujuan Kita untuk belajar dan juga berbagi ilmu pada jaringan Internet. Sekian dan terimakasih.